Pages

Minggu, 25 Januari 2015

Eksotisme Pantai Ngobaran






Jika bicara soal pantai, DIY merupakan salah satu propinsi yang memiliki garis pantai yang panjang. Tidaklah heran jika banyak lokasi wisata pantai di Jogja, dan Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang memiliki keindahan pantai yang memukau. Pantai-pantai disini tidak kalah cantik dibandingkan pantai Kuta ataupun Tanah Lot di Bali, namun karena belum dikelola dengan baik maka pengunjungnya juga masih sangat minim dan hanya ramai pada musim liburan saja. Salah satu pantai itu adalah Pantai Ngobaran yang berada di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul.

Ngobaran merupakan pantai yang cukup eksotik. Kalau air surut, anda bisa melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun coklat. Jika dilihat dari atas, hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang tampak seperti sawah di wilayah padat penduduk. Puluhan jenis binatang laut juga terdapat di sela-sela karang, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan.

Sebenarnya pantai Ngobaran berada di balik tebing yang dibangun pura serta patung-patung khas Hindu, jadi untuk kalian bisa menuruni anak tangga yang tidak begitu jauh dan tidak terlalu curam untuk sampai di area bawah. Namun sayangnya pantai Ngobaran tidak mempunyai pasir putih seperti pantai pada umumnya, meski begitu pantai ini tetap terlihat menawan akan tebing dan karangnya yang unik bentuknya.
Akses menuju ke pantai ini sama dengan akses menuju ke pantai Ngrenehan. Pengunjung dapat melewati dua jalur utama yang biasa digunakan oleh penduduk setempat maupun para wisatawan. Jalur pertama adalah Yogyakarta – Lapangan Udara Gading – Pertigaan Gading (ambil arah ke kanan) – Playen – Paliyan – Trowono – Saposari – Pantai Ngobaran. Jalur kedua adalah Yogyakarta – Kota Wonosari – paliyan – Trowono – Pantai Ngobaran.




Pergi ke pantai tidaklah lengkap jika tidak menikmati sunset diiringi suara deburan ombak. Untuk mendapatkan sunset yang sempurna di pantai Ngobaran, disarankan untuk pergi ke lokasi pada musim hujan di antara bulan Desember atau Januari namun pada saat cuaca yang cerah. Karena pada bulan-bulan tersebut matahari berada di sebelah selatan khatulistiwa dengan jarak terjauh, sehingga jika berada di laut selatan matahari seolah-olah terbenam ke dalam lautan dan memancarkan warna-warni indah di langit. Jadi jika tujuan anda ke pantai salah satunya mengagumi keindahan sunset ini, silakan datang pada sore hari. 

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About