Pages

Kamis, 05 Februari 2015

Pantai Pok Tunggal yang Cocok Untuk Camping



Lagi !!!  Pantai yang tidak kalah cantik dengan pantai – pantai lainnya di Gunungkidul. Pantai tersebut adalah pantai Pok Tunggal.

Pantai Pok Tunggal masih berada di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.


Pemberian nama Pok Tunggal berasal dari sebuah pohon Duras besar yang sampai saat ini masih kokoh berdiri. Pohon ini yang akhirnya menjadi ciri khas dan keunikan dari pantai Pok Tunggal Gunung kidul  ini.Potensi yang dimiliki pantai ini adalah pemandangan pantai yang landai dengan pasir putih yang dapat digunakan untuk kegiatan oleh raga pantai seperti volley pantai, treking tebing, sunset, makan malam romantis di tepi pantai.



Untuk rute ke pantai ini dari posisi awal Pantai Indrayanti, ada dua alternatif jalan yang bisa dilalui yakni melalui jalan besar menggunakan kendaraan atau bisa juga cukup jalan (trekking). Apabila menggunakan kendaraan Anda bisa menggunakan jalur dari Pantai Indrayanti menuju ke Kecamatan Tepus. Pada jarak 2,5 km menuju bibir pantainya, Anda akan menemui plang arah menuju Pantai Pok Tunggal di kanan jalan. Dan Anda nanti akan dihadapkan perjalanan bebatuan sepanjang 2 kilometer yang sempit, berkelok-kelok dan agak terjal.

 

Pesona Pantai Pok Tunggal dengan hamparan pasir putih yang dikelilingi oleh dinding perbukitan merupakan lokasi yang asyik untuk dieksplorasi. Pantai Pok Tunggal yang terletak di antara Indrayanti dan Siung ini semakin mengukuhkan Gunungkidul sebagai gudangnya pantai-pantai cantik berpasir putih yang masih alami.

 
Pesona yang lain dari pantai ini adalah barisan tebing tinggi yang berdiri menjulang gagah setinggi sekitar 50 m sangat potensial digunakan untuk olah raga panjat tebing. Di tebing karang tersebut masih terdapat binatang-binatang hutan lain seperti monyet liar yang sering kedapatan melompat dari balik tebing sebelah timur.

Satu lagi yang unik dari pantai ini adalah adanya mata air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah tanah khas daerah karst. Air ini pula yang dijadikan sebagai sumber air bagi penduduk setempat.


Menikmati keindahan pantai ini tidak lengkap bila tidak menunggu waktu menyaksikan matahari tenggelam untuk menikmati keindahan sunsetnya. Setelah itu Anda  bisa bermalam di pantai ini karena  pantai ini sangat cocok dan nyaman untuk Anda yang suka camping.

Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About