Pages

Minggu, 01 Februari 2015

Sensani Makan Walang Goreng







Walang goreng merupakan makanan khas Wonosari Gunung Kidul, dimana belalang digoreng sedemikian rupa sehingga renyah dan nikmat dikonsumsi. Makanan tradisional ini sangat kaya protein dan diolah secara higienis tanpa menggunakan pengawet.

 Makanan ini sering dijajakan di pinggir jalan menuju obyek wisata di Gunungkidul, seperti Jl. Baron, Jalan Jogja Wonogiri/Mijahan/Jurusan Pracimantoro, Jl. Kalisuci Semanu, Jl. srigethuk Playen, Jl. Paliyan-Panggang dan di pasar-pasar Tradisional di Gunungkidul.
Rasanya gurih, garing, renyah agak pahit-pahit dikit. Aromanya khas daging terbakar, bercita rasa nutty flavor. Kriuk kriuk bunyinya saat dikunyah. Pas sampai ke tenggorokan nggrinjel-nggrinjel kalau tak dikunyah sempurna.
Selain rasanya yang enak, ternyata belalang juga bergizi. Menurut salah seorang profesor di IPB, belalang mengandung berbagai nutrisi yang penting seperti protein, asam lemak esensial, vitamin, dan mineral. Selain itu, kulit belalang juga mengandung zat kitosan. Ini adalah zat yang juga dikandung oleh kulit udang. Bagi mereka yang tertarik untuk mencoba berbagai menu belalang, yang perlu mereka lakukan hanyalah berkunjung ke daerah Gunung Kidul.
          Tapi sebenarnya ada satu hal yang harus diingat bagi mereka yang sebelumnya belum pernah makan belalang. Belalang dapat menimbulkan alergi, seperti gatal, atau bentol bentol. Jadi sebaiknya, saat akan mencoba makan belalang untuk pertama kalinya, mereka mencoba sedikit terlebih dahulu.

Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About